Luis Enrique Mundur, Ernesto Valverde Terdepan Jadi Pelatih Barcelona

Sejauh ini ada empat nama pelatih yang dikaitkan dengan Barcelona. Sebut saja Jorge Sampaoli (Sevilla), Ronald Koeman (Everton), Eusebio Sacristan (Real Sociedad) dan Ernesto Valverde (Athletic Bilbao).

Namun, ketimbang nama lainnya, sosok yang disebut paling akhir dijagokan menjadi suksesor Lucho sapaan akrab Enrique. Mengapa demikian?

Secara objektif, Valverde cukup mumpuni ketika menangani tim-tim menengah Liga Spanyol. Pada 2006-2007, pelatih berusia 53 tahun itu membawa Espanyol melaju ke final Piala UEFA (sekarang Liga Eropa) sebelum dikalahkan Sevilla.

Sementara sejak menangani Athletic Bilbao pada 2013, Valverde meraih beragam kesuksesan. Yang paling fenomenal ketika Valverde membawa Bilbao mengalahkan Barcelona di ajang Supercoppa de Espana 2015 dengan agregat akhir 5-1!

Karier cemerlang Valverde terjadi ketika menangani Olympiacos pada 2008-2009 dan 2010 sampai 2012. Dalam periode itu, Valverde memberikan tiga gelar Liga Yunani kepada Olympiacos.

Catatan apik itu memungkinkan Barcelona untuk membawa Valverde ke Estadio Camp Nou. Selain itu, secara subjektif ada alasan mengapa Valverde bisa diangkat menjadi pelatih Barcelona.

Sekadar informasi, Robert Fernandez selaku Direktur Olahraga Barcelona memiliki hubungan baik dengan Valverde. Ketika masih aktif sebagai pemain, Valverde dan Fernandez pernah sama-sama berseragam Barcelona pada 1988-1990. Karena itu, menarik menanti siapa pelatih yang akhirnya dipilih Barcelona. Pengumuman pelatih anyar akan dilakukan pada 1 Juli 2017.

paulmercerellington.com poker online uang asli Sumber: Okezone