Man City Hajar Barca, Ini Analisis Guardiola

Manajer Manchester City, Pep Guardiola, tidak dapat menutupi kegembiraan setelah tim asuhannya menundukkan Barcelona 3-1 di ajang Liga Champions, Selasa (1/11) atau Rabu dini hari WIB. Dia menegaskan timnya berhasil menaklukkan tim terbaik di dunia.
Sukses ini juga sekaligus membalas kekalahan 0-4 saat Man City tandang ke Barcelona, dua pekan lalu. Barcelona sempat memimpin pada menit ke-21 melalui aksi Lionel Messi. Namun kesalahan Sergi Roberto saat mengoper bola membuat tim tamu kebobolan.
Bola sodoran Sergi berhasil diambil Sergio Aguero yang kemudian mengirimkan umpan kepada Raheem Sterling. Umpan pemain Timnas Inggris inilah yang kemudian disambut Ilkay Guendogan dan menghasilkan gol yang membangkitkan moral tuan rumah.
Man City kemudian menambah gol melalui tendangan bebas Kevin de Bruyne dan gol kedua Guendogan. Barca pun menyerah 1-3 di Stadion Etihad.
Guardiola mengakui pasukannya mengalami awal yang sulit dalam pertandingan ini. Namun dia memuji sikap pemainnya yang pantang menyerah.
“Penampilan kami saat masih 11 lawan 11 di Barcelona jauh lebih baik dibanding 38 menit pertama kami di sini,’ ujar Guardiola.
“Dalam 38 menit pertama kami melihat tim terbaik di dunia. Kami berada dalam masalah besar. Saat Barcelona memiliki peluang mencetak gol kedua pertandingan nyaris selesai,” katanya.
“Namun sepakbola memang seperti ini seperti ketika Fernandinho terjatuh dan Lionel Messi mencetak gol di Barcelona,” tuturnya.
“Gol (pertama) kami mengubah jalannya pertandingan. Para pemain sadar saat buruk di pertandingan ini telah berlalu,” paparnya lagi.
Menurut Guardiola, timnya tampil lebih solid pada babak kedua, tampil menekan dan sering menang dalam perebutan bola. Man City juga kerap mampu memblok serangan Barca dan gencar melakukan serangan balik.
Man City baru saja mengakhiri enam laga tanpa kemenangan saat menang 4-0 atas West Bromwich Albion, Sabtu lalu. Dia pun senang pasukannya kini berada di trek yang benar.
“Mengingat situasi yang baru saja kami alami serta kami melawan tim terbaik di dunia dan posisi kami di klasemen saat ini maka kemenangan ini menjadi sangat penting,” imbuh Guardiola.
“Kami butuh satu kemenangan lagi untuk memastikan tiket ke babak selanjutnya Februari mendatang. Saya berharap pada Februari kami lebih baik. Hasil seri (Borussia) Moenchengladbach di Celtic membuat kami bisa sedikit memgambil napas,” paparnya.
“Kami beruntung karena jika lolos kami tak akan bertemu Barcelona di babak berikutnya,” Guardiola menambahkan.

Jaja Suteja/JAS
UEFA

paulmercerellington.com poker online uang asli Sumber: BeritaSatu