Tidak Perlu Khawatir soal ISIS di Filipina

detik com Provinsi Sulawesi Utara dinyatakan Siaga I menyusul konflik militer lawan kelompok ekstrimis pro-ISIS Maute di Marawi, Mindanao, Filipina.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, Rabu 14 Juni 2017 bertolak ke Manado untuk menggelar pertemuan dengan pemerintah daerah setempat.Wiranto mengimbau semua pihak untuk tetap tenang menghadapi situasi ini karena langkah antisipasi telah ditempuh oleh pemerintah.

Saya kira kita tidak perlu khawatir soal itu. Kita sudah melakukan langkah-langkah yang cukup luar biasa,” kata Wiranto di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (16/6/2017).

detik com Berdasarkan pertemuan yang digelar, lanjut dia, sejumlah pemerintah daerah di wilayah perbatasan sudah membangun posko bersama. Selain itu, TNI Angkatan Laut (AL) juga sudah rutin melakukan patroli maritim di wilayah terluar yang berbatasan langsung dengan Filipina.

“Rupa-rupanya memang para pemerintah daerah, Kapolda, Pangdam, dan tokoh-tokoh masyarakat sudah alert masalah itu, sudah mewaspadai. Mereka sudah membuat langkah-langkah posko bersama, kemudian TNI ada penambahan pasukan di pulau-pulau terluar,” ujar dia.

Meski langkah-langkah antisipasi telah ditempuh, kewaspadaan tingkat tinggi harus tetap dilakukan. “Kemudian juga pemantapan dari pos-pos di masyarakat untuk bisa melakukan early warning system, melaporkan secepatnya kepada aparat keamanan. Kalau jarak darat itu 300 Km, itu cukup dekat. Oleh karena itu kewaspadaan harus kita tingkatkan,” ujar Wiranto. detik com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *